Qaulan Sadida

Tulisan Enteng Berisi untuk Pribadi yang Lebih Baik

Segala Amal Tergantung pada Niatnya

1 Komentar

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh!

Kaifa halukum ya akhi, para pembaca sekalian! Alhamdulillah kita masih diberikan kesehatan dan umur yang barakah. Setiap saat kita akan beraktivitas, pasti membutuhkan niat yang jelas. Jika kita berwudhu, pasti kita akan berniat untuk mengerjakan sholat.Dan masih banyak contoh-contoh lain di dalam kehidupan kita sehari-hari.

Berkaitan dengan hal ini, disebutkan dalam hadits yang tercantum di Hadits Arba’in an-Nawawiyah, dari amirul Mukminin Abu Hafsh, Umar bin Khattab, bahwasanya Rasulullah Shallallahu’alaihiwasallam bersabda, “Sesungguhnya segala amal itu tergantung niatnya, dan setiap orang hanya mendapatkan sesuai apa ang menjadi niatnya. Maka barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya itu kepada Allah dan Rasul-Nya. Barang siapa yang hijrahnya itu karena kesenangan dunia atau karena seorang wanita yang ingni dinikahinya, maka hijrahnya itu kepada apa yang ditujunya.” (Muttafaqun ‘Alaih).

Hadits ini merupakan salah satu pokok penting ajaran Islam. Imam Ahmad dan Syafi’i mengatakan bahwa hadits tentang niat ini mencakup sepertiga ilmu. Hal itu karena perbuatan manusia terdiri dari niat dalam hati, ucapan, dan tindakan. Sedangkan niat merupakan salah satu dari tiga bagian itu. Sebagaimana diperjrlas lagi dengan pengertian iman menurut etimologi, yakni iman itu adalah meyakini di dalam hati, diucapkan dengan lisan, dan diamalkan dalam perbuatan. Sungguh mulia kedudukan hadits ini. Sampai-sampaipara ulama gemar memulai karangan-karangan mereka dengan mengutip hadits ini.

Jadi fungsi niat adalah untuk membatasi atau menetapkan sesuatu yang diinginkan. Kadang ditetapkan sebagai sesuatu yang mutlak dan juga sesuatu yang terbatas. Sebagai contoh, jika seseorang berwudhu untuk mendirikan sholat, maka niat wudhunya dibatasi untuk mendirikan sholat. Jika seseorang berniat belajar untuk menuntut ilmu syar’i, maka niatnya akan tertuju kepada ilmu syar’i tersebut.

Namun pada kenyataannya banyak kita dapati orang yang berbeda antara apa yang ada di lisan dan di dalam hatinya. Tampak oleh mata kita bahwa di masjid ada orang yang sedang khusyuk tadarrus al-Qur ‘an. Namun ternyata hanya diniatkan untuk mendapatkan pujian orang lain. Bahkan dalam kehidupan berorganisasi di lingkungan sekolah. Tak jarang siswa atau siswi yang masuk organisasi didasari hanya karena pacarnya ikut organisasi tersebut. Masya Allah! Kalau begitu, dia hanya mendapati dekat dengan pacarnya saja. Sedangkan hikmah dan rahmat-Nya belum tentu akan didapati olehnya.

Begitu pula dalam hal hijrah. Hadits ini turun berkenaan dengan peristiwa perintah hijrah Rasulullah ke Madinah Al-Munawwarah. Ada peristiwa yang menarik yang dapat kita jadikan pelajaran. Yaitu adanya seorang lelaki yang ikut hijrah ke Madinah hanya untuk menikahi seorang perempuan bernama Ummu Qais. Dia berhijrah tidak untuk mendapat ridha dan pahala Allah, karena itu ia dijuluki Muhajir Ummu Qais.

Uleh karena itu akhi, mari kita perbaiki niat kita dalam setiap beramal untuk ditujukan hanya kepada Allah Ta’ala saja. Karena harapan untuk mendapat (to have) akan selalu mengikuti keinginan dalam berniat (to be) dan keterampilan dalam beramal (valensi) meskipun kita tidak ingin mengharap imbalan jasa. Wallahu a’lam bishshawab. Washshalawatu ‘ala Rasulillah wa ashabihi ajma’in.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Penulis: Ahmad Afandi

Saya seorang lelaki yang gemar berorganisasi.

One thought on “Segala Amal Tergantung pada Niatnya

  1. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    akhi, amal emang tegantung ma niatnya. Tapi, jangan lupa bahwa syarat diterimanya ama ada 2; niat ikhlash lillahi ta’ala dan ittiba’ kepada Rasulullah ‘alaihi ash-sholaatu wassalaam.
    Akh, jangan jadikan artikel antum diambil dari situs2 berbahaya. merujuklah ke darussalaf.org dll.
    atau lihat aja di blog ana.
    Barakallahu fiikum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s